Rabu, 09 Mei 2018

Cara Menggunakan Virtual Desktop di Windows 10

Cara Menggunakan Virtual Desktop di Windows 10
oleh Walter Glenn pada 10 Agustus 2017
(terjemahan)



Windows 10 akhirnya menambahkan desktop virtual sebagai fitur built-in. Jika Anda menyimpan banyak aplikasi sekaligus — atau menggunakan PC Anda untuk jenis tugas yang sangat berbeda — virtual desktop menawarkan cara mudah untuk tetap teratur.

Dengan virtual desktop, Windows 10 memungkinkan Anda membuat beberapa desktop terpisah yang masing-masing dapat menampilkan berbagai jendela dan aplikasi yang terbuka. Penggunaan sederhana untuk ini mungkin menjaga pekerjaan terpisah dari barang-barang pribadi. Anda juga bisa meletakkan semua item yang berhubungan dengan tugas tertentu di satu desktop, sehingga Anda dapat lebih fokus pada tugas itu. Sementara macOS dan Linux telah menampilkan desktop virtual untuk sementara waktu — dan ada aplikasi pihak ketiga yang menyediakannya untuk Windows — desktop virtual sekarang dibangun ke dalam Windows 10.



Tambahkan Virtual Desktop Baru

Menambahkan desktop virtual baru itu mudah. Pada bilah tugas, klik tombol "Tampilan Tugas". Jika Anda tidak melihat tombol itu, Anda mungkin telah mematikannya. Klik kanan ruang terbuka apa pun di bilah tugas dan pilih opsi "Tampilkan tombol tampilan tugas" untuk mengaktifkannya kembali. Anda juga dapat membuka Task View dengan menekan Windows + Tab pada keyboard Anda.



Tampilan Tugas adalah pengalih aplikasi layar penuh yang menunjukkan semua aplikasi yang berjalan di PC Anda. Anda dapat beralih ke aplikasi apa pun hanya dengan mengkliknya. Jika Anda belum pernah menyiapkan desktop virtual tambahan sebelumnya, itu semua yang ditampilkan oleh Tampilan Tugas. Untuk menambahkan desktop baru, klik tombol "New Desktop" di kanan bawah layar.



Windows 10 memungkinkan Anda untuk membuat sebanyak mungkin desktop yang Anda butuhkan. Kami membuat 200 desktop pada sistem pengujian kami hanya untuk melihat apakah kami bisa, dan Windows tidak punya masalah dengan itu. Yang mengatakan, kami sangat menyarankan Anda menjaga desktop virtual seminimal mungkin. Lagi pula, Anda membuat mereka untuk membantu mengatur aktivitas Anda. Memiliki banyak dari mereka seperti mengalahkan tujuan itu.

Beralih Antara Virtual Desktop

Saat Anda memiliki lebih dari satu desktop, Tampilan Tugas menampilkan semua desktop Anda di bagian bawah layar. Melayang di atas desktop dengan mouse Anda menunjukkan kepada Anda jendela yang saat ini terbuka di desktop itu.



Anda dapat mengklik desktop untuk melompat ke sana, atau klik jendela tertentu untuk melompat ke desktop itu dan membawa jendela itu ke fokus. Ini mirip seperti beralih antar-aplikasi di satu desktop — Anda hanya mengaturnya dalam ruang kerja virtual yang terpisah.


Anda juga dapat beralih di antara desktop virtual hanya menggunakan keyboard Anda. Tekan Windows + Tab untuk membuka Tampilan Tugas dan kemudian lepaskan tombol. Sekarang, tekan Tab lagi untuk memindahkan pilihan ke baris desktop. Anda kemudian dapat menggunakan tombol panah untuk berpindah antar-desktop, lalu menekan tombol Enter untuk melompat ke desktop yang dipilih.

Bahkan lebih baik lagi, Anda dapat beralih di antara desktop virtual tanpa menggunakan Task View sama sekali dengan hanya menekan tombol Ctrl + Kiri + Panah Kanan atau Windows. Dan jika Anda menggunakan perangkat layar sentuh atau touchpad presisi, Anda dapat berpindah antar desktop dengan geseran empat jari.

Bekerja dengan Windows dan Aplikasi di Desktop Virtual

Jadi, sekarang Anda telah membuat desktop baru, dan Anda tahu cara beralih di antara mereka. Sudah waktunya untuk mengisi desktop tersebut dengan barang yang Anda butuhkan.

Pertama-tama: jika Anda beralih ke desktop dan kemudian membuka aplikasi atau jendela lain di sana, jendela akan terbuka — dan tetap ada — di desktop itu. Jadi, misalnya, jika Anda beralih ke "Desktop 3" dan membuka jendela Chrome di sana, jendela Chrome itu tetap ada di Desktop 3 sampai Anda menutupnya atau memindahkannya ke desktop lain.



Di sinilah hal-hal menjadi sedikit rumit. Dengan aplikasi yang memungkinkan Anda membuka banyak jendela — seperti, katakanlah, Chrome atau Microsoft Word — Anda dapat membuka jendela yang berbeda untuk aplikasi tersebut di desktop yang berbeda. Katakanlah, misalnya, Anda memiliki desktop yang dikhususkan untuk proyek tertentu. Anda dapat memiliki jendela Chrome, dokumen Word, dan seterusnya terbuka di desktop itu, dan masih memiliki jendela Chrome dan dokumen Word lainnya yang terbuka di desktop lain.

Namun, beberapa aplikasi hanya memungkinkan Anda membuka satu jendela dalam satu waktu. Aplikasi Windows Store adalah contoh yang bagus untuk ini. Katakanlah Anda membuka aplikasi Store di Desktop 3. Jika Anda kemudian mencoba membuka aplikasi Store di desktop yang berbeda, daripada membuka di sana, Anda akan melompat ke desktop tempat aplikasi itu terbuka.

Dan sayangnya, Windows tidak memberi Anda cara yang baik — selain membuka Tampilan Tugas dan mengaduk-aduk — untuk melihat apakah aplikasi terbuka di desktop lain. Kembali ke contoh di mana Store terbuka di Desktop 3: jika saya melihat taskbar di Desktop 3, saya dapat melihat bahwa aplikasi Store terbuka (memiliki garis di bawah ikon).



Tapi lihat taskbar di desktop lain, dan sepertinya aplikasi tidak berjalan.



Anda juga dapat memindahkan aplikasi dan jendela di antara desktop virtual. Tekan Windows + Tab untuk membuka Tampilan Tugas. Arahkan mouse Anda ke atas virtual desktop yang berisi jendela yang ingin Anda pindahkan. Anda sekarang dapat menyeret jendela itu ke virtual desktop yang lain.



Jika Anda suka, Anda juga dapat mengeklik kanan jendela, arahkan ke menu “Pindahkan Ke”, lalu pilih desktop tertentu yang Anda ingin memindahkan jendela — atau bahkan buat desktop baru dan pindahkan jendela di sana dalam satu tindakan. Metode ini berguna jika tahu persis di mana Anda ingin memindahkan jendela.



Hapus Virtual Desktop

Untuk menghapus virtual desktop, tekan Windows + Tab untuk membuka Task View. Klik tombol "Tutup" di atas desktop yang ingin Anda hapus.



Jika ada aplikasi atau jendela yang terbuka di desktop saat Anda menutupnya, mereka dipindahkan ke desktop langsung ke sebelah kiri dari yang Anda tutup. Tutup Desktop 3, misalnya, dan buka aplikasi dan jendela dipindahkan ke Desktop 2.

Perlakukan Virtual Desktop sebagai Ruang Kerja Sementara untuk Pengalaman Terbaik

Sayangnya, fitur virtual desktop built-in di Windows 10 masih sangat terbatas dibandingkan dengan yang ditemukan di sistem operasi lain. Anda tidak dapat menetapkan wallpaper berbeda untuk desktop yang berbeda. Anda tidak dapat menetapkan skema warna yang berbeda, atau menerapkan jenis personalisasi lainnya. Desktop yang berbeda tidak dapat memiliki taskbar berbeda, atau bahkan ikon yang berbeda pada desktop.

Juga tidak ada cara untuk melompat ke desktop tertentu dengan cepat — Anda harus menggilirkannya dengan perintah keyboard atau menggunakan Tampilan Tugas untuk menavigasi.

Virtual desktop dipertahankan setelah merestart PC Anda, tetapi itu tidak terlalu bagus bagi Anda. Bahkan jika Anda memiliki aplikasi dan jendela yang disetel untuk dimuat secara otomatis dengan Windows, mereka hanya akan terbuka di desktop utama Anda: Desktop 1. Anda kemudian harus memindahkannya ke desktop masing-masing lagi setelah setiap restart. Dan itu adalah bagian yang membutuhkan waktu. Membuat desktop virtual di tempat pertama cepat dan mudah.

Dengan memperhatikan hal itu, kami telah menemukan bahwa desktop virtual — setidaknya, seperti yang ada di Windows 10 — paling baik diperlakukan sebagai ruang kerja sementara untuk membantu Anda mengatur aktivitas Anda saat Anda mengerjakannya.

Dan sementara kami berbicara di masa lalu tentang aplikasi desktop virtual pihak ketiga untuk Windows yang menawarkan lebih banyak fitur, kami tidak dapat menemukan apa pun yang telah diperbarui untuk bekerja secara andal dengan Windows 10.

https://www.howtogeek.com/197625/how-to-use-virtual-desktops-in-windows-10/

0 komentar

Posting Komentar